Dinitriwardani’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Tingkah Laku Konsumen Pasca Pembelian Produk Sangat Penting Bagi Perusahaan Maret 27, 2009

Filed under: Uncategorized — dinitriwardani @ 6:18 am

Bagi perusahaan keberhasilan dalam pemasaran tidak hanya dinilai dari seberapa banyak konsumen yang berhasil diperoleh tetapi yang terpenting adalah bagaimana caranya untuk mempertahankan konsumen tersebut. Di dalam pemasaran ada proses yang dinamakan tingkah laku konsumen yang didasarkan rasa puas dan tidak puas. Bila produk atau jasa tidak memenuhi harapan konsumen , konsumen merasa tidak puas sehingga dimasa yang akan datang konsumen tidak akan melakukan pembelian ulang tetapi jika suatu produk atau jasa melebihi harapan konsumen , konsumen akan puas dan akan melakukan pembelian ulang. Dengan demikian perilaku produsen dalam mencari simpati masyarakat yaitu melalui peningkatan kualitas produk mereka , dengan meningkatkan sarana dan prasarana dengan fasilitas teknologi yang tinggi dan dengan mengembangkan sumber daya manusianya.

Pasca pembelian Perilaku konsumen suatu produk dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain keyakinan konsumen terhadap produk yang bersangkutan. Perilaku konsumen pasca pembelian sangat penting bagi perusahaan. Perilaku konsumen dapat mempengaruhi ucapan-ucapan mereka kepada pihak lain tentang produk perusahaan. Bagi semua perusahaan , baik yang menjual produk maupun jasa, perilaku konsumen pasca pembelian, akan menentukan minat konsumen untuk membeli lagi produk atau jasa perusahaan tersebut.

Misalnya saja saya ditawarkan suatu produk kecantikan oleh sales, berupa pelembab wajah yang dapat membuat kulit kita tampak lebih putih. Karena sales tersebut meyakinkan saya klo dengan memakai pelembab wajah tersebut dalam waktu kurang dari 2 minggu kulit saya akan jauh lebih putih, maka akhirnya saya mebeli produk tersebut. Tetapi setelah saya memakai produk tersebut sudah lebih dari 2 minggu bahkan sampai berbulan-bulan kulit wajah saya masih tidak ada perubahannya. Atau juga setelah memakai produk tersebut karena tidak cocok maka terjadi gatal-gatal atau sebagainya. Hal tersebut berarti produk tersebut tidak memenuhi harapan saya sebagai konsumen sehingga pada akhirnya saya tidak akan membeli produk itu lagi. Dan sayapun bercerita kepada teman atau kerabat bahwa produk tersebut kurang bagus. Sehingga mereka pun juga tidak akan membeli produk tersebut dan memilih produk yang lain yang kualitasnya bagus dan lebih memuaskan para konsumennya.

 Jika hal tersebut terjadi maka akan berakibat sangat buruk bagi perusahaan yang menghasilkan produk tersebut. Karena permintaan akan produknya pasti akan semakin berkurang. Dan akan mempengaruhi kelangsungan perusahaan. Maka dari itu perusahaan harus lebih memperhatikan perilaku konsumen pasca pembelian produk. Dengan meningkatkan tingkat kepuasan konsumen dalam mengkonsumsi produk mereka.

 

Tinggalkan komentar